Total Tayangan Halaman

Selasa, 14 Mei 2013

"Manajemen Resiko"


Sobat mungkin pernah mendengar atau mempelajarinya apa itu manajemen resiko. Sebagian lain berpikir "apaan sih resiko kok dimenej?". 

Ok, kemungkinan2 apa yg mungkin terjadi dalam kehidupan sobat? Selalu ada dua sisi: baik atau buruk. Nah, yang buruk ini bagaimana jangan sampai menghancur secara total hidup itu sendiri, itulah manajemen resiko gambaran sederhananya. Strategi yang dapat diambil antara lain adalah memindahkan risiko kepada pihak lain, menghindari risiko, mengurangi efek negatif risiko, dan menampung sebagian atau semua konsekuensi risiko tertentu.

Sekarang pikirkanlah baik2 semua resiko dalam kehidupan sobat, lalu carilah solusi dalam memenejnya sehingga setiap resiko dapat dikelola dengan baik. Baiknya kita menanggung sendiri setiap resiko dalam kehidupan ataukah bersama2 dalam sepenanggungan?????

Sedikit menawarkan solusi:Asuransi Syariah. Asuransi syariah merupakan sebuah usaha saling melindungi dan tolong menolong diantara sejumlah orang melalui pembayaran kontribusi atau tabarru yg memberikan pola pengembalian untuk menghadapi resiko tertentu melalui akad sesuai syariah. Tabarru adalah sumbangan, derma atau hibah.

Asuransi syariah berazas saling menanggung resiko, bukan memindahkan resiko dari peserta keperusahaan seperti asuransi konvensional. Peranan perusahaan pada asuransi syariah terbatas hanya sebagai pemegang amanah dalam mengelola dan menginvestasikan dana dari kontribusi peserta. Pada produk unit link syariah, dana investasi hanya akan diaolasikan keintrumen yg sesuai kaidah syariah.

Apakah asuransi unit link itu??
Ini adalah polis asuransi jiwa yg memberikan manfaat proteksi, dan kesempatan mendapatkan hasil investasi jangka panjang. Pembayaran premi dapat dilakukan sekaligus/bayar satu kali (single) atau berkala (regular). Anda bisa berinvestasi tetapi tetap terproteksi,dan berpotensi mendapat hasil investasi yg baik dalam jangka panjang.
Pada unit link, premi yg dibayar dialokasikan pada dua komponen utama, yaitu komponen proteksi termasuk utk biaya polis dan administrasi, serta komponen investasi dalam bentuk unit. Dana investasi dikelola manajer investasi keberbagai instrumen investasi utk dikembangkan seperti saham, pendapatan tetap, pasar uang atau reksadana.
Nilai unit link ditentukan oleh kinerja investasi aset bersangkutan, bisa dilihat dari harga unit pada waktu tertentu yg mengikuti pergerakan pasar dari waktu kewaktu. Pemegang polis bisa menentukan jenis investasi sesuai tingkat resiko dan hasil yg diinginkan.

Selain memberikan manfaat kematian (death benefit),ada juga produk tambahan (riders) yg memberikan manfaat hidup (living benefit) seperti manfaat rumah sakit, penyakit kritis,cacat permanen, cover pendapatan dan lainnya.

sO, bAGAIMANA cARA sOBAT mEMENEJ rESIKO?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar