Total Tayangan Halaman

Selasa, 14 Mei 2013

Asuransi adalah mengikat unta

Dalam suatu riwayat diceritakan ada seorang sahabat yg meninggalkan untanya tanpa diikat terlebih dahulu. Rasulullah SAW bertanya:mengapa engkau tidak mengikat untamu?. Sahabat tersebut menjawab; aku bertawakal kepada Allah SWT. Rasulullah menegurnya: ikatlah dulu untamu barulah bertawakal kepada Allah.
Dari riwayat tsb dipahami bahwa tawakal adalah tindakan aktif preventif, bukan pasrah dan pasif. Mengikat unta berarti mengamankan terlebih dahulu dari hal2 yg tidak kita inginkan. unta itu hilang, unta itu kabur...
Sudahkah bapak/ibu mengikat unta2nya????
Jaman sekarang untanya mungkin berupa bmw, mercy, crv, innova, pajero dll. unta adalah aset. Setiap orang pastinya ingin mengamankan aset2nya dari kehilangan, kerusakan dll. Tapi banyak yg lupa apakah aset yg paling berharga yg perlu kita amankan? Diri kita tidakkah aset yg paling berharga? Bagaimana kalau kita sakit? Anak kita sakit? Istri kita sakit? Atau bagaimana dg keluarga yg kita tinggalkan kalau kita adalah kepala keluarga tulang punggung keluarga?
Dalam bahasa Arab,asuransi disebut At-ta'min, yang artinya memberikan perlindungan,ketenangan, rasa aman dan terbebas dari rasa takut. Asuransi seperti mengikat unta..........lalu bertawakallah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar